Penelitian ini mengkaji mengenai penerapan metode Kitabah pada pelaksanaan pembelajaran menulis huruf hijaiyah sambung pada peserta didik remaja disabilitas rungu. Metode pembelajaran ini merupakan metode menulis dengan menampilkan sketsa contoh-contoh penulisan huruf hijaiyah secara bertahap, dari tingkat mudah ke lebih sulit dengan memperhatikan kaidah penulisan. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penulis mengumpulkan data-data di lapangan mengenai bagaimana seorang guru merencanakan, melaksanakan pembelajaran dengan metode kitabah dan pelaksanaan evaluasi, kendala yang dihadapi dan penanganannya, serta menentukan tingkat keberhasilan pencapaian pembelajaran dari masing-masing peserta didik. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi deskriptif mengenai penerapan metode kitabah pada pembelajaran menulis huruf hijaiyah sambung bagi peserta didik disabilitas rungu. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik dapat mencapai kemampuan menulis huruf hijaiyah melalui penerapan metode kitabah.
Copyrights © 2025