SPEED: Journal of Special Education
Vol. 9 No. 1 (2025): SPEED: JOURNAL OF SPECIAL EDUCATION

Intervensi Dini Berbasis Visual Schedule untuk Melatih Kemandirian Anak dengan Disabilitas Intelektual Ringan

Iftitah, Iftitah (Unknown)
Kismawiyati, Renalatama (Unknown)
Megaswarie, Rosika Novia (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program intervensi dini berbasis visual schedule untuk melatih kemandirian anak dengan disabilitas intelektual ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan satu subjek anak usia enam tahun. Intervensi dilakukan di rumah selama enam minggu, dengan fokus pada keterampilan kemandirian anak melalui kegiatan mencuci tangan, menggosok gigi, dan memakai baju. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visual schedule membantu anak memahami urutan kegiatan, meningkatkan keinginan mereka untuk berpartisipasi, dan secara bertahap membantu mereka menjadi lebih mandiri. Keberhasilan didukung oleh konsistensi pelaksanaan dan dukungan orang tua. Untuk anak dengan disabilitas intelektual ringan, visual schedule terbukti bermanfaat sebagai alat intervensi dini yang murah, fleksibel, dan mudah digunakan di rumah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Other

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...