Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program intervensi dini berbasis visual schedule untuk melatih kemandirian anak dengan disabilitas intelektual ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan satu subjek anak usia enam tahun. Intervensi dilakukan di rumah selama enam minggu, dengan fokus pada keterampilan kemandirian anak melalui kegiatan mencuci tangan, menggosok gigi, dan memakai baju. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visual schedule membantu anak memahami urutan kegiatan, meningkatkan keinginan mereka untuk berpartisipasi, dan secara bertahap membantu mereka menjadi lebih mandiri. Keberhasilan didukung oleh konsistensi pelaksanaan dan dukungan orang tua. Untuk anak dengan disabilitas intelektual ringan, visual schedule terbukti bermanfaat sebagai alat intervensi dini yang murah, fleksibel, dan mudah digunakan di rumah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025