SPEED: Journal of Special Education
Vol. 9 No. 1 (2025): SPEED: JOURNAL OF SPECIAL EDUCATION

Pembelajaran Tari Tradisional Untuk Melatih Kemampuan Motorik Kasar Anak Disabilitas Intelektual

Imtihanah, Waqiatul (Unknown)
Kismawiyati, Renalatama (Unknown)
Sugihartik, Sugihartik (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran tari tradisional dalam melatih kemampuan motorik kasar anak dengan disabilitas intelektual. Anak disabilitas intelektual cenderung mengalami hambatan dalam perkembangan fisik dan koordinasi gerak, sehingga membutuhkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dan menarik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus di SLB- C TPA Jember. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tari tradisional, yang mencakup gerakan berulang dan iringan musik ritmis, mampu merangsang otot besar, meningkatkan koordinasi, serta memperkuat keseimbangan tubuh anak. Selain itu, aktivitas tari juga membantu meningkatkan konsentrasi dan rasa percaya diri anak. Pendekatan multisensori serta integrasi nilai budaya lokal turut mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa tari tradisional efektif digunakan sebagai media edukatif dan terapeutik dalam pengembangan motorik kasar anak disabilitas intelektual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Other

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...