journal of social and economic research
Vol 7 No 1 (2025): JSER, June 2025

ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG: STUDI KASUS PADA PELANGGAN SMARTPHONE DI TMT BUILDING CILANDAK, JAKARTA SELATAN

Angela Candra Puspita (Unknown)
Muchsin Saggaff Shihab (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan maupun kepuasan pelanggan. Selain itu, kepuasan pelanggan juga terbukti berperan penting dalam memperkuat loyalitas, serta memediasi sebagian hubungan antara ekuitas merek dan loyalitas pelanggan. Temuan ini menegaskan bahwa persepsi positif terhadap merek—yang mencakup kesadaran, asosiasi, dan persepsi kualitas—tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan tetapi juga memperkuat loyalitas baik secara langsung maupun tidak langsung. Implikasi manajerial dari hasil penelitian ini merekomendasikan agar perusahaan memprioritaskan strategi penguatan ekuitas merek dengan menjaga kesesuaian produk terhadap harapan pelanggan, guna meningkatkan kepuasan dan mendorong loyalitas melalui perilaku rekomendasi positif dari pelanggan yang puas. Penelitian lanjutan disarankan untuk mempertimbangkan variabel tambahan seperti kepercayaan merek dan keterlibatan pelanggan, serta menggunakan pendekatan longitudinal guna memahami dinamika loyalitas pelanggan secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is published by Ikatan Dosen Menulis in collaboration with GoAcademica CRP. Publishing twice times a year, ie Issue 1 Issue 2 in June and December and already have a registration number p-ISSN: 2715-6117 and e-ISSN: 2715-6966 since ...