Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Press

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS AI UNTUK MENDORONG MOTIVASI SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN KELAS IV SDN 105375 SUKASARI

Sindy, Sindy Ramadhani (Unknown)
Safrida Napitupulu (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktifberbasis Artificial Intelligence (AI) guna mendorong motivasi belajar siswa kelas IVSDN 105375 Sukasari pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan.Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research andDevelopment) level 1 menurut Sugiyono, yang mencakup enam tahapan utama,yaitu: identifikasi potensi dan masalah, studi literatur, pengumpulan informasi,desain produk, validasi ahli, serta uji coba terbatas. Produk dikembangkanmenggunakan aplikasi Canva dengan dukungan fitur AI seperti Magic Write danMagic Animate dalam bentuk presentasi digital interaktif. Instrumen pengumpulandata berupa angket motivasi belajar yang disusun berdasarkan teori HierarkiKebutuhan Abraham Maslow dan telah divalidasi oleh ahli dengan skor kevalidansebesar 87%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasibelajar yang signifikan setelah siswa menggunakan bahan ajar interaktif berbasisAI. Skor rata-rata motivasi belajar siswa sebelum menggunakan bahan ajar adalah50,12, termasuk dalam kategori “Kurang Baik”. Setelah penggunaan bahan ajar,skor rata-rata meningkat menjadi 91,66, masuk dalam kategori “Sangat Baik”.Peningkatan ini mencerminkan efektivitas bahan ajar dalam membangun rasapercaya diri, kenyamanan, serta semangat siswa dalam belajar matematika.Dengan demikian, bahan ajar interaktif berbasis AI terbukti efektif sebagaialternatif inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pecahan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...