Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Press

PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPAS MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GIRIKERTO 1: Contextual Teaching and Learning (CTL), IPAS, Hasil Belajar

Angellina Widya Kinaryosih (Unknown)
Raras Setyo Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Girikerto 1 dengan menerapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada pembelajaran IPAS dalam topik Kekayaan Budaya Indonesia. Masalah utama yang ditemukan yaitu rendahnya pemahaman siswa kepada materi, yang disebabkan oleh dominasi metode ceramah serta rendahnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini mempergunakan pendekatan gabungan kualitatif serta kuantitatif, mempergunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Tiap-tiap siklusnya meliputi beberapa tahapan, di antaranya perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini mencakup 11 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Temuan ini memperlihatkan bahwasanya terjadi kenaikan yang signifikan dari hasil belajar siswa, awal tingkat ketuntasan 27% di tahap prasiklus, naik jadi 55% di siklus I, serta 82% di siklus II. Nilai rata-rata siswa juga terjadi peningkatan dari 65 di prasiklus menjadi 81,8 di siklus II. Penerapan model CTL yang didukung dengan media gambar terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS terkait materi Kekayaan Budaya Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...