Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025

GURU SEBAGAITELADAN: STRATEGIEFEKTIF DALAM PENDIDIKAN NILAI

Nurul khotimah (Unknown)
Muhammad Maulana Ishak (Unknown)
Wadira Anakoda (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2025

Abstract

Penanaman moral dalam pendidikan merupakan fondasi dan modal utama dalammengembangkan karakter masyarakat dan mengokohkan jatidiri bangsa. Tujuan artikel iniuntuk mendeskripsikan peran guru dan penggunaan strategi efektif dalam Pendidikan nilai.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi pustaka dengan metode deskriptif. Peranguru sebagai pewaris nilai dan agen moral harus memahami betapa perannya sangatpenting dalam menanamkan nilai moral. Peran guru yang memiliki otoritas bukan sematamata untuk memperlakukan siswa dengan seenaknya, akan tetapi untuk menciptakanaturan agar siswa menjadi terbiasa patuh pada aturan yang menjadi nilai pada lingkungantersebut.Guru juga perlu memahami strategi dan pendekatan apa yang akan digunakandalam penanaman moral kepada siswa, baik itu melalui pendekatan transmisi maupunpendekatan konstruksi, tergantung pada situasi dan kondisi nilai yang ingin dikembangkanoleh guru maupun sekolah. Dengan dua pendekatan yang telah dibahas, diharapkanmempermudah guru dalam menginternalisasi nilai moral sehingga dapat efektifmembentuk karakter siswa dalam lingkup Pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...