Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil observasi yang telah dilakukan di SDN Jiwan 02, dimana menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN Jiwan 02 pada mapel Pendidikan Pancasila khususnya pada materi Aturan di Lingkungan Sekitar masih tergolong rendah atau masih jauh dibawah KKM. Sebanyak 9 dari 12 siswa memperoleh nilai dibawah KKM, atau sekitar 75% siswa masih dibawah KKM yang telah ditentukan. Salah satu penyebabnya yaitu model dan media yang digunakan saat pembelajaran masih belum menarik. Salah satu langkah solutif yang bida digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan dengan media Flipbook dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Jiwan 02 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dengan media flipbook pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi aturan di lingkungan sekitar. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan II siklus. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas 4 yang berjumlah 12 siswa. Hasil belajar yang diperoleh pada saat pelaksanaan tindakan kelas mengalami peningkatan dari pra-siklus hingga siklus II. Dengan jumlah ketuntasan dari 75% menjadi 100%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media Flipbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025