Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Press

PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN 060873 MEDAN PADA MATERI DIRIKU

Sari, Kania Rahma (Unknown)
Siregar, Siti Rahmadhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ditemukan dalam kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 060873 Medan. Kondisi ini berpotensi menghambat perkembangan keterampilan membaca dasar serta menyebabkan kesulitan membaca pada siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 060873 Medan. Pelaksanaan penelitian dilakukan di kelas 1 sekolah tersebut. Metode yang digunakan aadalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen, serta desain yang digunakan yaitu one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN 060873 Medan, dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel terdiri dari 28 siswa kelas 1-B. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penggunaan media flash card secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa, yang terhihat dari peningkatan hasil antara pretest dan posttest.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...