Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ditemukan dalam kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 060873 Medan. Kondisi ini berpotensi menghambat perkembangan keterampilan membaca dasar serta menyebabkan kesulitan membaca pada siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 060873 Medan. Pelaksanaan penelitian dilakukan di kelas 1 sekolah tersebut. Metode yang digunakan aadalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen, serta desain yang digunakan yaitu one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN 060873 Medan, dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel terdiri dari 28 siswa kelas 1-B. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penggunaan media flash card secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa, yang terhihat dari peningkatan hasil antara pretest dan posttest.
Copyrights © 2025