Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025 In Order

Pengaruh Penggunaan Project Based Learning (PjBL) dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 1 Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung

Septi Anggarini, Susan (Unknown)
Yepi Sedya Purwananti (Unknown)
Muhammad Abdul Roziq Asrori (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) dan self-efficacy terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 1 Tanggunggunung. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik akibat dominasi metode ceramah dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dan angket self-efficacy, yang dianalisis menggunakan uji t dan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model PjBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (thitung = 5.486 > ttabel = 2.110, sig. = 0.000); (2) Self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (thitung = 4.140 > ttabel = 2.110, sig. = 0.000); dan (3) Secara simultan, PjBL dan self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik (Fhitung = 48.675 > Ftabel = 3.55, sig. = 0.000). Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi model pembelajaran yang aktif dengan faktor psikologis internal peserta didik secara sinergis dapat meningkatkan hasil belajar secara optimal. Penelitian ini merekomendasikan penerapan PjBL dan penguatan efikasi diri sebagai strategi dalam pembelajaran IPAS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...