Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA, yang tercermin dari hasil PISA 2022. Melalui pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental, penelitian bertujuan menganalisis pengaruh pendekatan STEAM terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V sekolah dasar. Sampel penelitian terdiri dari 40 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen (n=20) dan kontrol (n=20), dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (t=8.090, p<0.05). Kelompok eksperimen mencapai nilai N-Gain 0.5871 (kategori sedang), sementara kelompok kontrol 0.3001 (kategori rendah). Peningkatan rata-rata nilai dari pretest ke posttest pada kelompok eksperimen (63.20 ke 85.00) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (58.05 ke 71.10). Penelitian menyimpulkan bahwa pendekatan STEAM efektif meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025