Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sales growth, intensitas modal, dan komite audit terhadap agresivitas pajak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama rentang waktu 2019-2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 28 sampel perusahaan selama 5 (lima) tahun dengan total sampel sebanyak 140 sampel yang diperoleh dengan menggunakan teknik pemilihan purposive sampling dengan menggunakan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan yang diterbitkan pada website Bursa Efek Indonesia (BEI) dan website resmi perusahaan. Penelitian ini menggunakan 3 (tiga) variabel independen yaitu sales growth (X1), intensitas modal (X2), dan komite audit (X3) dengan variabel dependen yaitu agresivitas pajak (Y). Penelitian menggunakan teknik analisis regresi data panel dengan menggunakan bantuan software e-views 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales growth, intensitas modal, dan komite audit berpengaruh secara simultan terhadap agresivitas pajak. Sales growth secara parsial tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, intensitas modal secara parsial berpengaruh terhadap agresivitas pajak, dan komite audit secara parsial berpengaruh terhadap agresivitas pajak
Copyrights © 2025