Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan
Vol. 7 No. 3 (2025): Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan

Pendidikan Kewirausahaan sebagai Mediator terhadap Variabel Penentu Intensi Berwirausaha

Taneshia, Christine (Unknown)
Puspitowati, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh efikasi diri, motivasi berwirausaha, dukungan keluarga terhadap intensi berwirausaha mahasiswa di Jakarta Barat dengan pendidikan kewirausaha sebagai variabel mediasi. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif Universitas Swasta di Jakarta Barat dengan total sebanyak 230 responden dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner online menggunakan Google Form. Analisis data dilakukan menggunakan teknik PLS-SEM dengan perangkat lunak SmartPLS versi 4.0. Dalam penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut, efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendidikan kewirausahaan, namun efikasi diri berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap intensi berwirausaha. Motivasi berwirausaha dan dukungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendidikan kewirusahaan dan intensi berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan tidak mampu memediasi pengaruh efikasi diri terhadap intensi berwirausaha, demikian pula pengaruh dukungan keluarga terhadap intensi berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan memediasi secara parsial pengaruh motivasi berwirusaha terhadap intensi berwirausaha. This study aims to examine the influence of self-efficacy, entrepreneurial motivation, and family support on the entrepreneurial intention of students in West Jakarta, with entrepreneurship education as a mediating variable. The sampling technique used is non-probability sampling with purposive sampling. The population comprises students from private universities in West Jakarta, with a total of 230 respondents. Data collection was conducted through an online questionnaire using Google Forms. Data analysis was performed using the PLS-SEM technique with SmartPLS version 4.0 software. The results of this study are as follows: self-efficacy has a positive and significant effect on entrepreneurship education, but self-efficacy has a positive yet insignificant effect on entrepreneurial intention. Entrepreneurial motivation and family support have a positive and significant effect on entrepreneurship education and entrepreneurial intention. Entrepreneurship education has a positive and significant effect on entrepreneurial intention. However, entrepreneurship education does not mediate the effect of self-efficacy on entrepreneurial intention, nor does it mediate the effect of family support on entrepreneurial intention. Entrepreneurial education partially mediate the effect of entrepreneurial motivation on entrepreneurial intentions.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMDK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan e-ISSN 2657-0025 is a collection of articles created by students of Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tarumanagara, as a requirement to achieve Bachelor of Economics degree. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan is published ...