Kabupaten Bulungan di Kalimantan Utara merespon era pasar bebas dan ekonomi digital melalui Kampung UKM Digital Tanjung Selor, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi tantangan teknologi dan persaingan global. Penelitian ini fokus mengenai pengaruh market orientation terhadap daya saing berkelanjutan UMKM Tanjung Selor, dengan menyoroti dampak positif langsung orientasi pasar dan orientasi teknologi. Temuan tersebut menguatkan konsep bahwa peningkatan orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan adopsi teknologi dapat signifikan meningkatkan keunggulan bersaing UMKM, termasuk pengaruh positif dan dominan orientasi pasar terhadap daya saing. Orientasi pelanggan dalam variabel orientasi pasar juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, menegaskan pentingnya memuaskan kebutuhan pelanggan. Selain itu, orientasi pasar juga memiliki dampak positif tidak langsung terhadap daya saing melalui orientasi teknologi, memperkuat peran inovasi teknologi dalam meningkatkan daya saing UMKM. Oleh karena itu, disarankan untuk terus meningkatkan orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan adopsi teknologi guna memperkuat daya saing dan keberlanjutan UMKM di masa depan.
Copyrights © 2025