Untuk mendapatkan sebuah barang masyarakat harus menggunakan sistem barter sebagai salah satu sistem transaksi dalam proses jual beli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan, literasi digital, persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan keamanan terhadap keputusan generasi Z dalam menggunakan uang elektronik. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z yang sudah menggunakan uang elektronik lebih dari satu kali. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 112 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability dengan accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan, literasi digital, persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan keamanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan penggunaan. Variabel literasi digital, persepsi manfaat dan keamanan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan penggunaan sedangkan variabel literasi keuangan dan persepsi kemudahan tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan generasi Z dalam menggunakan uang elektronik. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan uang elektronik pada generasi Z adalah variabel persepsi manfaat.
Copyrights © 2025