Ekonomi Bisnis
Vol 30, No 2 (2025)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI GENERASI Z DALAM MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK

Indira, Christera Kuswahyu (Unknown)
Permana, Putri Arganeta (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Untuk mendapatkan sebuah barang masyarakat harus menggunakan sistem barter sebagai salah satu sistem transaksi dalam proses jual beli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan, literasi digital, persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan keamanan terhadap keputusan generasi Z dalam menggunakan uang elektronik. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z yang sudah menggunakan uang elektronik lebih dari satu kali. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 112 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability dengan accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan, literasi digital, persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan keamanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan penggunaan. Variabel literasi digital, persepsi manfaat dan keamanan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan penggunaan sedangkan variabel literasi keuangan dan persepsi kemudahan tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan generasi Z dalam menggunakan uang elektronik. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan uang elektronik pada generasi Z adalah variabel persepsi manfaat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ekbis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is a journal through a peer-review process. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is intended for academics and researchers to publish their articles which is an original text that has not been published in another journal. The focus and scope are in the fields of management, ...