Pesatnya pertumbuhan pemasaran media sosial di Indonesia mendorong Berrybenka untuk menerapkanstrategi pemasaran melalui jejaring sosial TikTok, khususnyapada akun Berrybenka Shoes yang memiliki 81,5 ribu pengikutdi akun jejaring sosial TikTok. Namun, keterlibatan Berrybenka Shoes di TikTok menurun sebesar 62,9%.Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk memahamibagaimana mengukur social media marketing pada BerrybenkaShoes di TikTok sebagai alat pemasaran. Bagian komentarBerrybenka Shoes hanya mendapat 41 komentar dalam 60 haridari 19 November hingga 17 Januari. Hal ini karenaBerrybenka Shoes tidak menggunakan fitur ”Balas komentar”pada kontennya. Namun, meski Berrybenka Shoes tidakmenggunakan fitur "Balas komentar", Berrybenka Shoes tetapmerespon audiensnya dengan mengadaptasi konten yangditanyakan secara rutin. Terbukti dengan menggunakanaplikasi TikTok sebagai alat pemasarannya, Berrybenka Shoesmendapat pengakuan luas di kalangan masyarakat, terbuktidari data interaksi yang dihasilkan dari konten yang diunggahpada akun Berrybenka Shoes TikTok. Kata kunci— Social Media Marketing, TikTok, Pemasaran
Copyrights © 2024