Abstrak — Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangoptimalnya pengelolaan pemasaran digital pada PKBMBuana Mekar, khususnya melalui platform media sosialInstagram. Saat ini, pemasaran yang dilakukan PKBMlebih mengandalkan Word of Mouth dan Instagram,namun penggunaan Instagram masih terbatas sebagaimedia dokumentasi dengan konten pemasaran yangbelum terstruktur. Penelitian ini bertujuan untukmemahami proses perencanaan, penerapan, dan evaluasikonten pemasaran pada akun Instagram@pkbm.buanamekar tahun 2024. Menggunakan metodekualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancaradengan informan dan observasi langsung terhadapaktivitas pemasaran di Instagram. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa perencanaan konten dilakukansecara bulanan dengan menyusun content planning yangmencakup jenis konten, caption, dan jadwal posting.Penerapan konten didasarkan pada konsep dan tujuanpemasaran yang telah disusun, sementara evaluasidilakukan melalui analisis insight serta pertumbuhanpengikut. Saran yang diberikan adalah perlunyaperencanaan dan evaluasi konten yang lebih rutin untukmeningkatkan efektivitas pemasaran digital PKBMBuana Mekar. Kata Kunci: Pemasaran Digital, Konten Marketing, Media Sosial, Instagram
Copyrights © 2024