Abstrak - Di era digital saat ini, khususnya tahun 2024, Marketing modern tidak hanya berfokus padamenjual produk atau layanan, tetapi juga memainkanperan penting dalam membentuk opini publik danmendukung isu-isu sosial Salah satu isu sosial yangsangat menonjol dan kompleks adalah konflik IsraelPalestina. Konflik ini bukan hanya persoalan politikdan kemanusiaan, tetapi juga mempengaruhi banyakaspek kehidupan termasuk ekonomi dan bisnis. Mengambil sikap atau berkontribusi pada dialogtentang konflik Israel-Palestina bisa menjadi cara bagiperusahaan untuk menunjukkan tanggung jawab sosialmereka dan mendukung upaya perdamaian. Salah satubentuk aksi solidaritas tersebut berupa boikot atautidak membeli produk dari perusahaan yang didugaberafiliasi dengan Israel. Tujuan penelitian ini adalahuntuk menganalisis isu sosial dalam Membentuk Preferensi Konsumen pada Generasi Z. Objekpenelitian ini adalah Starbucks. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara langsung dengankonsumen (responden). Hasil dari wawancara tersebut menunjukkan bahwa responden mengurangi minatmembeli produk Starbucks setelah kampanye boikot,menunjukkan bahwa faktor sosial dan etika mempengaruhi keputusan pembelian. Meskipunkualitas produk tetap diakui baik, kepuasan terhadapStarbucks menurun drastis karena persepsi terhadapkomitmen perusahaan terhadap nilai-nilai penting. .Nilai yang dirasakan dari produk tidak berubah, tetapipersepsi terhadap biaya sosial dan etika meningkat,mempengaruhi pandangan mereka terhadap merek.Nilai sosial memainkan peran penting dalammembentuk kepercayaan konsumen, di manadukungan atau penentangan perusahaan terhadap isuisu sosial mempengaruhi keputusan pembelian. Sarandari penulis terhadap hasil wawancara tersebut adalah,perusahaan perlu meningkatkan transparansimengenai sikap dan tindakan mereka terhadap isu-isusosial yang signifikan. Menyampaikan secara terbukaposisi dan komitmen perusahaan terhadap nilai-nilaikemanusiaan dapat membantu membangun kembalikepercayaan konsumen Kata Kunci : Marketing, Boikot,Isu sosial, Generasi Z
Copyrights © 2024