Abstrak — Perekonomian Indonesia ditopang oleh berbagaisektor, salah satu yang memiliki peran penting adalah UsahaMikro Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM di Indonesiamerupakan tulang punggung ekonomi dengan kontribusi yangsignifikan terhadap pertumbuhan dan stabilitas perekonomiannegara. Pemerintah Indonesia menyadari pentingnya peranUMKM dalam perekonomian di Indonesia ini. Dalam industricafe yang semakin kompetitif, menjaga loyalitas pelangganmenjadi hal yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis. salahsatu strategi yang dapat digunakan adalah dengan melibatkanatau memanfaatkan Key Opinion Leader (KOL) melakukananalisis mendalam terhadap bagaimana gambaran Key OpinionLeader (KOL) dan loyalitas pelanggan di Cafe Taman Utarapada tahun 2023. Penulis akan mengidentifikasi karakteristikserta peran keberhasilan strategi KOL, serta mengevaluasidampaknya terhadap persepsi dan perilakupelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau key opinionleader dan loyalitas Pelanggan pada café Taman Utara tahun2023. Kata kunci— Key Opinion Leader, Loyalitas Pelanggan, Konten
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024