Abstrak — Manajemen layanan teknologi informasi memiliki banyak keuntungan ketika dipraktikkan dandikembangkan oleh perusahaan atau organisasi. Hal ini akandapat memberikan nilai tambah kepada pengguna melalui layanan teknologi informasi. Sebagai sebuah entitas pusatinformasi di Kota Bandung, DISKOMINFO memerlukan analisis dan perancangan yang efektif untuk meningkatkanlayanan bisnis mereka. Dalam penelitian ini, penerapan Information Technology Infrastructure Library (ITIL) versi 3memiliki peran penting dalam implementasi proses Request Fulfillment di DISKOMINFO Kota Bandung. ITIL versi 3membantu dalam mengelola seluruh lifecycle permintaan layanan, mulai dari tahap awal hingga akhir, dengan tujuan untuk mengurangi dampak dan risiko yang mungkin terjadi di DISKOMINFO Kota Bandung. Metode yang digunakan untukpenerapan proses ini adalah dengan melakukan studi pustaka, wawancara, serta pengisian kuisioner yang digunakan untukmenganalisis kondisi dan kesenjangan di perusahaan sesuaidengan standar ITIL versi 3. Hasil dari penelitian ini adalahmemberikan perancangan rekomendasi, analisis prioritasberdasarkan risiko, dan roadmap perancangan rekomendasiyang mencakup aspek people, process, dan technology yangsesuai dengan standar Service Operation dalam ITIL versi 3. Kata kunci— Request Fulfillment, Service Operation, ITIL Versi 3
Copyrights © 2024