Abstrak—Pariwisata merupakan salah satu sektor pentingdan unggulan yang memberikan kontribusi terhadap ekonominasional. Tingkat kepuasan wisatawan terhadap sebuah objekwisata dapat dilihat dari review yang diberikan, salah satunyaplatform yang dapat digunakan untuk melihat reviewwisatawan adalah Google My Business. Penerapan analisissentimen mengunakan tiga sentimen, positif, negatif, dan netral.Dengan penerapan sentiment analysis dan multidimensionalmenggunakan metode Decision tree dapat diketahui sentimenyang diberikan wisatawan terhadap sebuah objek wisata.Seperti pada penelitian ini, review terhadap objek wisata yangada di provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten,dan DKI Jakarta didapatkan data sebanyak 12.680. kemudiansetelah dilakukan preprocessing dan labeling menghasilkandata bersih sebanyak 8.615. pelabelan menggunakan dualibrary yaitu transformer dan textblob serta untuk setiaplibrary akan dicoba dengan tiga split data yang berbeda yaitu70:30, 80:20, dan 90:10 yang bertujuan untuk mengetahuikombinas yang pas untuk pembuatan model machine learningini. Dari hasil analisis sentiment menggunakan algoritmadecision tree dengan pelabelan menggunakan librarytransformer dan split data 70:30 didapatkan nilai akurasisebesar 78%. Hasil prediksi akan ditampilakan pada dashboardmenggunakan Power BI untuk memudahkan dalam memahami data Kata kunci— Sentiment Analisis, Multidimensional Analisis, Decision tree, Transformer, Textblob, Power BI
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024