Abstrak — Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanhasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Arab diMadrasah Al-Ihsan dengan menerapkan konsep gamifikasi.Madrasah Al-Ihsan sebelumnya mengadopsi metodekonvensional dengan waktu pembelajaran terbatas. Hasil nilaisiswa pada tahun 2022 menunjukkan hasil yang memadai,tetapi pihak pengajar merasa perlu meningkatkan pemahamandan motivasi belajar siswa.Solusi yang diusulkan adalah pengembangan aplikasiinteraktif berbasis Android dengan pendekatan G.A.M.E:Gathering, Analysis, Modeling, Execution. Aplikasi inidirancang untuk memberikan pengalaman pembelajaran yanglebih menarik melalui elemen-elemen game. Metode pengujianmenggunakan pre-test, post-test, dan tes sumatif, dengan videosebagai media pembelajaran pembanding.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi gamifikasiberhasil meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah AlIhsan. Hasil rata-rata tes sumatif siswa yang menggunakanaplikasi adalah 73,25, sementara kelompok yang menggunakanvideo mencapai 65,6. Hal ini mengindikasikan bahwa aplikasigamifikasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa danmotivasi mereka. Dengan demikian, penggunaan mediapembelajaran interaktif berbasis game dapat membantumeningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa, sertamendukung pendekatan pembelajaran yang lebih modern. Kata kunci— gamifikasi bahasa arab, G.A.M.E, kuasi eksperimental
Copyrights © 2024