JSITP
Vol. 6 No. 1 (2025): jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Peradaban

Teknik Pemodelan 2D Karakter Maskot Bidang K3 (HSE) "Mantdor” untuk Intellectual Property Asset

Melaya Priangga (Unknown)
Muhammad Dzaky (Unknown)
Ely Purnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Program dan kampanye positif untuk meningkatkan kepedulian terkait bidang K3 merupakan tindakan yang perlu terus untuk dipayakan. Keberadaan dan perkembangan teknologi dan juga pelaku industri kreatif dapat memunculkan ide kreatif seputar bidang K3, seperti perancangan pemodelan maskot karakter sebagai intellectual property (IP). Tujuan dari penelitian ini adalah perancangan karakter maskot (mascot) bidang K3 (HSE) untuk intellectual property asset. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah PDDIE yaitu Planning, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil dari penelitian ini yaitu berhasil dirancangnya pemodelan karakter maskot bidang K3 (HSE) bernama "Mantdor”. Visualisasi utama dari tokoh karakter 2D yang dibuat berupa karakter dari hewan semut dilengkapi dengan aset pelengkap. Hasil pemodelan 2D karakter maskot Mantdor untuk Intellectual Properti Asset telah berhasil menciptakan identitas, merepresentasikan kepribadian dan karakteristik yang sesuai untuk bidang yang diwakilinya yaitu K3. Implementasi berhasil diterapkan baik berupa format digital maupun fisik; seperti sebagai maskot boneka, flyer, poster, stiker dan lain sebagainya. Hasil perancangan ini layak digunakan untuk membantu program dan kampanye positif tentang bidang K3.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsitp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Peradaban merupakan jurnal keilmuan bidang teknologi informasi yang memuat tulisan-tulisan ilmiah mengenai penelitian murni maupun penelitian terapan serta ulasan tentang perkembangan teknologi dan informasi baik teori, metode, dan ilmu yang terkait. Jurnal ini ...