Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan keterampilan manajemen aktif kala III sebelum dan setelah pemberian media pembelajaran berbasis virtual reality. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental (one group pretest dan posttes design). Sampel pada penelitian ini adalah 46 mahasiswa DIII kebidanan dengan menggunakan teknik total sampling di STIKes Salewangan Maros. Data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Uji statistik yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Rank Test. Dari hasil uji statistik diperoleh bahwa terdapat perbedaan keterampilan manajemen aktif kala III persalinan pada mahasiswa sebelum dan setelah diberikan media pembelajaran virtual reality (p<0.05) dengan peningkatan sebesar 22.20%. Jika dilihat dari bagian keterampilan, semua bagian menunjukkan perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah perlakuan. Peningkatan keterampilan tertinggi berada pada bagian keterampilan manajemen aktif kala III sebesar 27.70%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui media virtual reality berefek pada peningkatan keterampilan manajemen aktif kala III persalinan.
Copyrights © 2025