Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kepercayaan diri terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Data diperoleh dari 145 mahasiswa program studi akuntansi di salah satu universitas yang berlokasi di Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan memanfaatkan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada para responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan intelektual memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi, (2) Kecerdasan emosional juga berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi, dan (3) Kepercayaan diri memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi. Implikasi manajerial dari temuan ini adalah bahwa pihak manajemen disarankan untuk mendorong peningkatan kecerdasan intelektual, emosional, dan kepercayaan diri melalui program pelatihan terpadu. Penguatan ini dapat dilakukan dengan menggabungkan pendekatan akademis dan psikologis dalam sistem pembelajaran atau pelatihan guna meningkatkan pemahaman individu terhadap akuntansi.
Copyrights © 2025