Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Build

PENGARUH PENDEKATAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI ROMANG RAPPOA

Wildaniyah, Wildaniyah (Unknown)
Salwa Rufaida (Unknown)
Nurfadilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui seberapa besar hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri Romang Rappoa yang diajar dengan pendekatan konvensional, 2)Mengetahui seberapa besar belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri Romang Rappoa yang diajar dengan pendekatan Hands On Activity, 3) Menganalisis pengaruh pendekatan Hands On Activity Terhadap Hasil Belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri Romang Rappoa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Romang Rappoa yang terdiri dari kelas Va dan Kelas Vb yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) hasil belajar. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 42.70, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 42, yang menunjukkan bahwa pretest pada kedua kelompok tersebut berada pada kategori sangat rendah. Hasil posttest peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 79.60 dan berada pada kategori tinggi, sedangkan pada kelas control diperoleh angka sebesar 64.40 dan berada pada kregori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan hands on activity tehadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Romang Rappoa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan pendekatan hands on activity berpengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas SD Negeri Romang Rappoa, dibuktikan dengan hasil uji-t yang dilakukan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.00 yang lebih kecil dari 0.05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan hands on activity dan kelas kontrol tanpa menggunakan pendekatan hands on activity.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...