BudAI: Multidisciplinary Journal of Islamic Studies
Vol 4, No 1 (2025)

Implementasi Metode Tahfidzul Qur’an One Day One Colour dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik

Nur Azizah, Risda Alifia (Unknown)
Hariyadi, Sugeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik. Pendidikan agama Islam tidak hanya menekankan pada aspek kognitif, tetapi juga pada aspek afektif dan psikomotorik. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan afektif dan psikomotorik peserta didik adalah metode Tahfidzul Qur'an One Day One Colour. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode Tahfidz ul Qur’an One Day One Colour di SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang. Untuk mengetahui kemampuan hafalan peserta didik dengan metode Tahfidzul Qur’an One Day One Colour di SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode One Day One Colour dalam menyusun rencana pembelajaran sudah baik karena sudah mencerminkan pembelajaran tahfidzul Qur’an yang terprogram secara utuh. Kemudian dalam melaksankan pembelajaran sudah efektif karena menunjukkan hasil atau pengaruh sesuai dengan target yang sudah disusun. Kemudian evaluasi memiliki keunggulan lebih menyenangkan, cepat, terstruktur, dan mudah. Namun, terdapat beberapa hambatan yang perlu diatasi, seperti perbedaan kemampuan menghafal peserta didik dan keterbatasan penerapan. Sekolah telah berupaya mencari solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut . Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode One Day One Colour berkontribusi signifikan meningkatkan kemampuan hafalan peserta didik Peningkatan ini terlihat dari peningkatan hafalan secara umum, serta peningkatan pada tiga aspek hafalan, yaitu kelancaran, ketepatan, dan kemampuan muraja'ah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

budai

Publisher

Subject

Religion

Description

BudAI: Multidisciplinary Journal of Islamic Studies is a peer-reviewed journal published by Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai-nilai Islam (LKPI) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Indonesia. The journal publishes research articles, conceptual articles, reports field studies and book reviews ...