Faktor penghambat pendaftaran online yaitu masih menggunakan balasan chat secara manual dan adanya keterbatasan waktu pelayanan pendaftaran yaitu hanya pada pukul 07.00-14.00 dan pukul 13.00-20.00. Hal tersebut, mengakibatkan pasien yang mendaftar selain pada jam pelayanan tidak mendapatkan respon balasan chat atau respon balasan chat yang lambat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatan pelayanan pendaftaran pasien secara online dengan memanfaatkan aplikasi Whatauto. Analisis kebutuhan perancangan autoresponder menggunakan model sistem. Aturan respon menggunakan exact match agar respon sesuai dengan pangkalan data pola percakapan. Penggunaan kata yang sering digunakan untuk memulai percakapan ditetapkan sebagai kata kunci dan pangkal untuk memulai respon. Aturan menggunakan similiary match, sehingga memungkinkan merespon percakapan. Terdapat pilihan dan pertanyaan yang mungkin diajukan pasien dan persiapkan respon yang relevan. Pilihan menu yaitu pendaftaran pasien online, konsultasi online, jadwal dokter, informasi lain. Menu terdiri dari sub-menu yang berfungsi sebagai informasi atau instruksi lanjutan. Pelayanan sebelum pemanfaatan autoresponder berbasis aplikasi memiliki durasi rata-rata 5 menit, dengan adanya pemanfaatan autoresponder menjadi 2 menit. Sehingga pelayanan relatif konsisten, efektif dan efisien dalam persiapan pilihan jawaban serta informasi yang dibutuhkan pasien sudah tersedia.
Copyrights © 2024