Penelitian ini betujuan untuk mengulas pengaruh pendidikan etika profesi pada tingkat kesadaran etis mahasiswa akuntansi UNM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data primer dari pembagian kuesioner. Digunakan teknik purposive sampling dalam mengambil sampel dan pengolahan data menggunakan uji instrumen dan uji asumsi klasik memanfaatkan program Software Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan etika profesi dan bisnis berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap tingkat kesadaran etis mahasiswa akuntansi UNM. Pendidikan etika profesi memegang peranan penting dalam menanamkan nilai-nilai moral dan etika pada diri mahasiswa akuntansi. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran etis mereka dalam menjalankan profesinya di masa depan. Penelitian ini berfokus utama pada mahasiswa akuntansi di Universitas Negeri Makassar, dimana data yang digunakan belum pernah digunakan pada penelitian lain.
Copyrights © 2025