ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Vol 5 No 1 (2025): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)

ANALISIS PROGRAM EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMP NU KAJEN PEKALONGAN TAHUN 2023/2024.

Fadzilah, Auliana Nurul (Unknown)
Haryanto, Sri (Unknown)
Hidayat, Muhtar Sofwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Riwayat ArtikelDi terima pada: Di setujui pada : Penelitian ini membahas tentang menganalisis program ekstrakurikuler membaca dan menulis Al-Qur'an di SMP NU Kajen. Kajian skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan agama Islam, khususnya pendidikan membaca dan menulis Al-Quran sebagai pedoman dasar dalam hidup. SMP NU Kajen merupakan salah satu lembaga yang menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler membaca dan menulis Al-Qur'an yang bertujuan untuk menjamin seluruh siswa mampu dan mahir membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Penelitian lapangan yang bersifat kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Metodologi penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pengajar yang membawahi ekstrakurikuler membaca dan menulis Al-Quran, dan siswa kelas VII yang wajib mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini. Dalam penelitian ini metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Penulis menggunakan analisis interaktif untuk mengumpulkan temuan untuk analisis data. Penelusuran lapangan penulis membuahkan hasil sebagai berikut: (1) SMP NU Kajen Pekalongan mempunyai pelaksanaan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur'an yang cukup kuat. Guru bimbingan menerapkan teknik pengajaran yang sangat baik untuk memastikan bahwa anak-anak yang berpartisipasi dalam membaca dan menulis Al-Qur'an setelah sekolah secara bertahap memperoleh kefasihan dalam bahasa tersebut. (2) Karena pelajaran Al-Qur'an dan PAI sangat erat hubungannya, maka dampak dari pelaksanaan ekstrakurikuler membaca dan menulis Al-Qur'an dapat memotivasi pembaca untuk konsisten membaca Al-Qur'an, membiasakan diri dengan ilmu tajwid, dan lebih terbuka terhadap pelajaran PAI. (3) Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan ekstrakurikuler BTQ di SMP NU Kajen. Diantaranya adalah dukungan pihak sekolah, keteraturan pelaksanaan program baca tulis Al-Qur'an, tingginya minat siswa, ruangan ber-AC, mengaji Al-Qur'an, serta motivasi terus-menerus yang diberikan oleh orang tua dan anak. guru. Pada saat yang sama, hambatannya meliputi kondisi meteorologi, masalah penjadwalan, dan masalah lingkungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alphateach

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Jurnal ALPHATEACH menerbitkan artikel atau karya ilmiah hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam bidang Pendidikan ...