ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Vol 5 No 1 (2025): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)

Penerapan Media Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pejawaran, Banjarnegara

Hidayati, Fatma Laila (Unknown)
Maryono, Maryono (Unknown)
Hidayat, Muhtar Sofwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP Negeri 1 Pejawaran Banjarnegara. Latar belakang penelitian ini adalah minimnya nilai akhir peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya minat dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Metode penelitian yang diterapkan yaitu Kuantitatif yang dilakukandua kali pertemuan. Pertemuan yang diawali dari perencanaan, dan pelaksanaan tindakan. Instrumen pengumpulan data meliputi postest dan pretest, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah diterapkannya media animasi. Nilai rata-rata siswa meningkat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran pun meningkat dari siklus ke siklus. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan media animasi sangat membantu proses belajar. Penggunaan media animasi membantu siswa memahami materi yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret dan menarik. Oleh karena itu, dianjurkan agar guru PAI memanfaatkan media animasi sebagai strategi pembelajaran yang kreatif dan modern (mengikuti zaman).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alphateach

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Jurnal ALPHATEACH menerbitkan artikel atau karya ilmiah hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam bidang Pendidikan ...