Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Tunneling Incentive, dan Beban Pajak terhadap Transfer Pricing pada perusahaan sektor Consumer Non-Cyclicals yang terdaftar di BEI pada tahun 2019-2023. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor Consumer Non-Cyclicals yang terdaftar di BEI pada tahun 2019-2023 yaitu sebanyak 129 perusahaan dengan teknik penarikan sampel yang menggunakan metode purposive sampling maka didapat 19 perusahaan sebagai sampel dengan 5 tahun periode penelitian. Maka data yang dianalisis berjumlah 95 data sampel perusahaan sektor Consumer Non-Cyclicals. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dari setiap perusahaan yang telah dijadikan sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel menggunakan Eviews 12. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pertumbuhan Penjualan (X1) sebagai variabel bebas pertama, Tunneling Incentive (X2) sebagai variabel bebas kedua, dan Beban Pajak (X3) sebagai variabel bebas ketiga serta Transfer Pricing (Y) sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa Pertumbuhan penjualan, Tunneling incentive, dan Beban Pajak secara bersama-sama berpengaruh terhadap Transfer Pricing. Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa Pertumbuhan Penjualan berpengaruh positif terhadap transfer pricing, Beban Pajak berpengaruh negatif terhadap Transfer Pricing, sedangkan Tunneling Incentive tidak berpengaruh terhadap Transfer Pricing.
Copyrights © 2025