Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi dan electronic word of mouth (eWOM) terhadap keputusan pembelian, dengan efikasi diri sebagai variabel mediasi pada konsumen Shopee. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survei terhadap 88 responden yang merupakan mahasiswa STIE Yapis Dompu dan pengguna aktif Shopee. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) yang diolah melalui perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan eWOM secara langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, kedua variabel tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri, dan efikasi diri sendiri terbukti berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Namun, efikasi diri hanya memediasi pengaruh eWOM terhadap keputusan pembelian secara signifikan, sedangkan pengaruh tidak langsung promosi terhadap keputusan pembelian melalui efikasi diri tidak signifikan. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada integrasi aspek psikologis efikasi diri sebagai mekanisme mediasi antara pengaruh eksternal (promosi dan eWOM) terhadap perilaku konsumen dalam konteks pembelian online di era digital. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pemasaran berbasis digital yang lebih berfokus pada pembentukan kapabilitas psikologis konsumen. Kata Kunci: Promosi, eWOM, Keputusan Pembelian, Efikasi Diri.
Copyrights © 2025