Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 9 No 2 (2025): Edisi Mei - Agustus 2025

PENGARUH AFFILIATE MARKETING DAN LIVE STREAMING DI TIKTOKSHOP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Rokhma, Sintia Ainur (Unknown)
Putra, Yudiarto Perdana (Unknown)
Chandra, Andy (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mendorong pelaku usaha untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran, salah satunya melalui TikTok Shop Strategi affiliate marketing dan live streaming banyak digunakan karena dinilai mampu memengaruhi perilaku belanja Generasi Z. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh kedua strategi tersebut terhadap keputusan pembelian Gen Z di Kota Kediri dengan pendekatan kuantitatif melalui survei terhadap 100 responden pengguna aktif TikTok Shop. Analisis dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa live streaming secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan affiliate marketing tidak. Namun, secara simultan, keduanya memiliki pengaruh signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa promosi interaktif seperti live streaming lebih efektif dibanding konten afiliasi pasif. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pelaku usaha dan menawarkan kebaruan melalui penggabungan dua strategi digital dalam konteks Gen Z di daerah yang belum banyak diteliti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...