Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 9 No 2 (2025): Edisi Mei - Agustus 2025

ANALISIS IMPLEMENTASI LEBIJAKAN KEPENDUDUDKAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA LAYANAN KTP ELEKTRONIK DI KOTA SEKADAU

AS, Adil Bertus (Unknown)
Yulita, Yulita (Unknown)
Rando, Fransikus (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2025

Abstract

Administrasi kendudukan meliputi kegiatan pendaftaran kendudukan, pencatatan sipil, dan pengelolaan informasi kendudukan, terutama di tingkat kabupaten dan pusat (Zulfikar dan koleksi, 2022). Pemerintah memiliki peranan yang penting dalam menyediakan, menyediakan pelayanan publik, dan mengeningkatkan kualitas pelayanan, program ini merupakan keharusan yang dilakukan sebagai system dalam mendata Masyarakat ataun penduudk pada suatu daerah. Tujuan penelitian ini untuk mengukur apakah kebijakan yang ditetapkan dalam pembuatan KTP elektronik dan kualitas pelayanan yang disediakan oleh pegawai pemerintah berpengaruh terhadap kepuasan Masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu auantitatif deskrptif dengan 382 responden yang terdiri dari pengguna KTP elektronik, dengan alat analisis SPSS V 27. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua variable bebas ini memiliki pengaruh yang positif serta signifikan terhadap variable terikat (kepuasan) yang di rasakan oleh Masyarakat kabupaten Sekadau Khususnya di Desa Sungai Ringgin. Hal ini ditunjukan oleh nilah Fhitung lebih besar dari f tabel pada tabel ANOVA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...