Jurnal Ekobismen
Vol 5, No 2 (2025): Juni 2025

Preferensi Konsumen dan Keputusan Pembelian Produk Lokal vs. Impor di Makassar

Salam, Muhammad Fachrul (Unknown)
Amaliah, A. Nurul Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek, faktor psikologis, dan nilai-nilai sosial (termasuk tendensi boikot) terhadap keputusan pembelian antara produk lokal dan impor oleh konsumen di Makassar. Metode kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan pada 158 responden yang merupakan pengguna aktif marketplace. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek, faktor psikologis, dan nilai-nilai sosial secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian. Nilai-nilai sosial memiliki pengaruh langsung terkuat terhadap keputusan pembelian (β=0.487), sementara faktor psikologis berpengaruh paling kuat terhadap nilai-nilai sosial (β=0.600). Tendensi boikot, sebagai komponen nilai-nilai sosial, terbukti signifikan memengaruhi keputusan pembelian. Model penelitian menunjukkan kemampuan prediktif yang sangat tinggi (R2 Keputusan Pembelian = 0.954), meskipun ditemukan isu validitas diskriminan. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi strategi UMKM lokal dan kebijakan pemerintah di Makassar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEko

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekobismen Fakultas Ekonomi Universitas Jabal Ghafur merupakan jurnal 6 (enam) bulanan yang menyajikan 5 (Lima) tulisan tentang Ekonomi, Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, Jurnal Ekobismen bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian di bidang ekonomi, bisnis, manajemen, dan Akuntansi kepada ...