Masyarakat: Jurnal Pengabdian
Vol. 2 No. 3 (2025)

EDUKASI KESEHATAN TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) BERBASIS AUDIO-VISUAL

Nurbaya, Sitti (Unknown)
Andi, Fajriansi (Unknown)
Yusnaeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2025

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan dengan kesadaran sebagai hasil dari pembelajaran yang membuat seseorang, keluarga, kelompok, atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan dan berpartisipasi aktif dalam memajukan kesehatan masyarakat. penerapan PHBS di Indonesia masih kurang. Kondisi ini diperburuk oleh masyarakat yang tidak memahami pentingnya PHBS, terutama di daerah perkotaan dan pedesaan dengan pendidikan rendah. Keterbatasan daya serap dan retensi informasi, metode edukasi kesehatan konvensional yang mengandalkan ceramah dan penyuluhan tatap muka seringkali tidak efektif dalam mengubah perilaku masyarakat. Tujuan kegiatan pengabdian untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat berbasis audiovisual. Metode pelaksanaan kegiatan dengan pendekatan edukasi partisipatif berbasis audiovisual. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2025 di Kelurahan Daya Kota Makassar, hasil kegiatan menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan  antara skor pre test dan post test untuk semua indikator perilaku hidup bersih dan sehat. Perubahan peningkatan pengetahuan masyarakat terkait perilaku hidup bersih dan sehat dibuktikan hasil statistik uji Wilcoxon Sign Rank (pre test-post test) nilai p=0,001<?=0.05. Kegiatan ini berdampak positif bagi pengetahuan masyarakat diharapkan ada perubahan sikap dan perilaku dalam implementasi perilaku hidup bersih dan sehat sehingga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Implikasi dari hasil pengabdian ini bisa memberikan kontribusi dalam peningkatan health literasi berbasis digital bagi kesehatan masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

m-jp

Publisher

Subject

Other

Description

Masyarakat: Jurnal Pengabdian adalah jurnal profesional terakreditasi yang memiliki E-ISSN 3048-0760 dan P-ISSN 3048-0531 yang menyajikan informasi dan opini terkini mengenai isu-isu penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan bidang Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu ...