Journal of Agricultural Social and Business
Vol. 1 No. 1 (2022): Agrisociabus

Analisis Strategi Pemasaran Produk Kopi Luwak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kopi Luwak Mataram Bantul

Fajriati, Raina Sabrina (Unknown)
Hamidah, Siti (Unknown)
Budiarto, Budiarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh Kopi Luwak Mataram di masa pandemi Covid-19. (2) Menganalisis strategi terbaik dalam memasarkan produk di Kopi Luwak Mataram agar mampu menaikkan penjualan di masa pandemi Covid-19. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Metode penentuan responden menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan  adalah data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis dalam penelitian ini menggunakan Matrik Internal-Eksternal, SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kopi Luwak Mataram memiliki kekuatan utama produk yang berkualitas, kelemahan utama belum adanya rekanan tetap untuk bekerja sama melakukan penjualan ke konsumen mancanegara, dengan peluang utama masyarakat lebih memilih kafe dengan area outdoor, dan ancaman utama yaitu turunnya daya beli masyarakat. 2) Strategi pemasaran terbaik yang dapat diterapkan yaitu penetrasi pasar dengan memberikan promo harga bundling menu makanan dan minuman untuk dine-in dan meningkatkan kegiatan promosi di sosial media melalui kerja sama dengan influencer lokal bidang kuliner di Yogyakarta.Kata kunci: analisis SWOT, kopi luwak, pandemi covid-19, strategi pemasaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

asb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...