Perkembangan zaman yang pesat telah memberikan pengaruh signifikan terhadap perilaku dan cara pandang generasi muda. Sayangnya, kemajuan tersebut tidak selalu dibarengi dengan peningkatan kualitas moral, yang justru menyebabkan terjadinya dekadensi moral seperti menurunnya empati, meningkatnya perilaku menyimpang, serta melemahnya nilai-nilai etika dalam kehidupan sehari-hari. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan berbasis Ketuhanan sebagai solusi terhadap persoalan tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Ketuhanan mampu memberikan arah pembentukan karakter yang utuh, tidak hanya mengembangkan kecerdasan intelektual, tetapi juga spiritual dan moral. Nilai-nilai Ketuhanan mendorong tumbuhnya rasa tanggung jawab, integritas, serta kesadaran sosial pada peserta didik. Oleh karena itu, integrasi nilai-nilai spiritual dalam kurikulum dan praktik pendidikan menjadi kunci dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan global secara bermartabat.
Copyrights © 2025