Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh norma sosial terhadap Impulsive Buying Belanja Online (2) pengaruh gaya hidup terhadap Impulsive Buying Belanja Online (3) norma sosial dan gaya hidup yang dipengaruhi citra merek berdampak pada impulsive buying. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel merupakan generasi Z di Soloraya sebanyak 100 responden. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini meliputi: 1) impulsive buying sebagai variabel terikat (Y); 2) norma sosial (X1); 3) gaya hidup (X2) dan citra merek sebagai variabel intervening (Z). Data penelitian diperoleh menggunakan angket dengan skala likert yang diisi oleh responden. Data dianalisis menggunakan Penelitian ini menggunakan metode analisis dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan Software Smartpls. Model pengukuran PLS terdiri dari tiga elemen pokok yaitu model luar (outer model) dan model dalam (iner model). Hasil penelitian menunjukkan (1) norma sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying dengan hasil uji t sebesar 2,027 dengan signifikansi 0,043, (2) Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan suatu usaha dengan hasil uji t sebesar 3,114 dengan signifikansi 0.002, dan (3) norma sosial dan gaya hidup yang dipengaruhi citra merek tidak berdampak signiffikan pada impulsive buying. Kata kunci: Norma Sosial, Gaya Hidup, Impulsive Buying, Citra Merek
Copyrights © 2025