YUME : Journal of Management
Vol 8, No 3 (2025)

Dampak Kualitas Layanan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di RSUD Otanaha Kota Gorontalo

Basiru, Sheishe Oktaviani (Unknown)
Alam, Heldy Vanni (Unknown)
Yantu, Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Dampak Kualitas layanan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Otanaha Kota Gorontalo. Penelitian ini melibatkan 94 responden pasien yang ditentukan dengan menggunakan metode Simple Random Sampling, pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner (Angket). Teknik Analisis data menggunakan Regresi Linear Sederhana dengan alat ukur bantu menggunakan Statistical Program For Social Science (SPSS).Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa kualitas layanan memiliki dampak terhadap tingkat kepuasan pasien dengan nilai persamaan regresi  Ŷ = 6,309 + 0,578X. Hasil analisis koefisien determinasi R-square sebesar 0,850 atau 85% artinya dapat disimpulkan bahwa variabel tingkat kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh dampak kualitas layanan, sedangkan 15% lainnya dipengaruhi dan dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dan pada hasil uji t-hitung untuk variabel Kualitas layanan sebesar 22,802 > t-tabel 1,661, dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien. Kata Kunci: Kualitas layanan; Tingkat Kepuasan Pasien

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...