Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Shopee PayLater dan diskon terhadap perilaku keuangan mahasiswa Manajemen angkatan 2021 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode regresi linear berganda. Sampel penelitian berjumlah 174 mahasiswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS 25.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Shopee PayLater dan diskon secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Temuan ini mendukung teori Theory of Planned Behavior dan Financial Management Behavior, yang menjelaskan bahwa intensi dan sikap keuangan individu dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dalam pengelolaan keuangan. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan kesadaran dalam pengelolaan keuangan pribadi serta memberikan masukan bagi pengembang platform e-commerce untuk mempertimbangkan aspek edukatif dalam fitur-fitur keuangan mereka. Kata Kunci: Shopee PayLater, Diskon, Perilaku Keuangan, Mahasiswa, E-Commerce
Copyrights © 2025