Strategi komunikasi mencakup semua perencanaan, taktik, dan metode yang digunakan untuk mengoptimalkan komunikasi dengan mempertimbangkan setiap aspek dalam proses komunikasi demi mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi BAZNAS Kabupaten Jombang dalam pengumpulan zakat tahun 2023, dengan fokus pada aspek komunikasi dalam pengumpulan zakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini termasuk Ketua BAZNAS Kabupaten Jombang, wakil ketua, dan staf BAZNAS Kabupaten Jombang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode triangulasi data. Dari analisis yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa strategi komunikasi BAZNAS Kabupaten Jombang dalam pengumpulan zakat tahun 2023 mencakup lima tahap. yakni pertama penelitian yang dilakukan dengan cara mengecek apakah setiap kecamatan ataupun desa bersedia untuk dilakukan edukasi tentang pengumpulan zakat. Kedua perencanaan pada tahap ini yang bertugas sebagai komunikator adalah Seluruh pimpinan dan staff BAZNAS Kabupaten Jombang. Pesannya memberikan informasi mengenai pengumpulan zakat. Medianya melalui media sosial dan media massa. Sasaran komunikasinya berfokus kepada ASN (Aparatur Sipil Negara), Masyarakat umum yang mampu berzakat dan tenaga profesional. Efek yang diberikan agar masyarakat Kabupaten Jombang lebih faham mengenai pentingnya menunaikan zakat. Ketiga pelaksanaan yang dilakukan seperti melakukan pertemuan dengan ASN dan melakukan diskusi dengan UPZ (Unit Pengumpul Zakat) yang ada di kecamatan. Keempat pengukuran. Hasil dari pengukuran adalah masyarakat mulai memahami akan pentingnya berzakat. Kelima pelaporan yang dibentuk dalam hardcopy dalam waktu per-1 tahun.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024