Techno.Com: Jurnal Teknologi Informasi
Vol. 24 No. 3 (2025): Agustus 2025

Segmentasi Pelanggan Bisnis Kursus Berbasis LRFM Menggunakan t-SNE, UMAP, dan PaCMAP untuk Optimalisasi Profitabilitas Bisnis

Rahadian, Yanuar Rafi (Unknown)
Bisri, Hasan (Unknown)
Amina, Latifa Indirani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

Segmentasi pelanggan memainkan peran penting dalam meningkatkan profitabilitas bisnis dengan mengidentifikasi pola perilaku pelanggan. Penelitian ini mengusulkan pendekatan segmentasi berbasis model LRFM (Length, Recency, Frequency, Monetary) untuk meningkatkan ketepatan klasifikasi pelanggan. Dengan menggunakan data transaksi, skor LRFM dihitung dan diklasifikasikan ke dalam empat kategori: Best Customers (121 pelanggan), Loyal Customers, Potential, dan At Risk. Untuk meningkatkan interpretabilitas hasil, tiga teknik reduksi dimensi : t-SNE, UMAP, dan PaCMAP digunakan dalam analisis visual. Di antara ketiganya, UMAP menunjukkan visualisasi paling seimbang berdasarkan indikator separation clarity, cluster compactness, dan outlier identification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentasi visual membantu pengambil keputusan dalam mengidentifikasi kelompok pelanggan strategis untuk program retensi dan optimalisasi. Studi ini memberikan referensi berharga bagi industri yang ingin meningkatkan manajemen hubungan pelanggan melalui pendekatan berbasis data.   Kata kunci - Model LRFM, profitabilitas bisnis, reduksi dimensi, segmentasi pelanggan, UMAP

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

technoc

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Topik dari jurnal Techno.Com adalah sebagai berikut (namun tidak terbatas pada topik berikut) : Digital Signal Processing, Human Computer Interaction, IT Governance, Networking Technology, Optical Communication Technology, New Media Technology, Information Search Engine, Multimedia, Computer Vision, ...