Kepuasan pelanggan menjadi indikator utama dalam meningkatan mutu pelayanan, salah satunya pada sektor pendidikan non-formal seperti lembaga bimbingan belajar (bimbel). Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem yang pengukur tingkat kepuasan siswa terhadap layanan bimbel dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Terdapat lima variabel utama yang dianalisis, yaitu harga, fasilitas, kualitas tentor, materi dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan kuisioner kepada 20 responden, yang mencakup dua atribut penilaian, yaitu kepentingan (importance) dan kepuasan (satisfaction). Hasil pengolahan data menunjukkan nilai CSI berada pada kriteria “sangat puas” dengan indeks 88.16%. Penelitian ini juga menghasilkan sistem review dan rating siswa yang diintegrasikan dengan portal bimbel berbasis web yang telah ada. Sistem ini memungkinkan siswa memberikan penilaian dan ulasan langsung terhadap layanan bimbel serta menjadi sarana umpan balik yang objektif. Dengan adanya integrasi ini, pengelola bimbel dapat memantau kepuasan pelanggan serta melakukan evaluasi dan peningkatan layanan bimbel. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode CSI yang dikombinasikan dengan sistem informasi mampu mendorong kualitas layanan pendidikan non-formal kearah yang lebih adaptif dan responsif.   Kata Kunci - Customer Satisfaction Index, Bimbingan Belajar, Review dan Rating, Sistem Informasi, Kepuasan Pelanggan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025