Techno.Com: Jurnal Teknologi Informasi
Vol. 24 No. 3 (2025): Agustus 2025

Sistem Review dan Rating Bimbel dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) pada Portal Sistem Informasi Bimbingan Belajar Berbasis Web

Rochim, Galuh Nur (Unknown)
Arifin, Muhammad (Unknown)
Fithri, Diana Laily (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

Kepuasan pelanggan menjadi indikator utama dalam meningkatan mutu pelayanan, salah satunya pada sektor pendidikan non-formal seperti lembaga bimbingan belajar (bimbel). Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem yang pengukur tingkat kepuasan siswa terhadap layanan bimbel dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Terdapat lima variabel utama yang dianalisis, yaitu harga, fasilitas, kualitas tentor, materi dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan kuisioner kepada 20 responden, yang mencakup dua atribut penilaian, yaitu kepentingan (importance) dan kepuasan (satisfaction). Hasil pengolahan data menunjukkan nilai CSI berada pada kriteria “sangat puas” dengan indeks 88.16%. Penelitian ini juga menghasilkan sistem review dan rating siswa yang diintegrasikan dengan portal bimbel berbasis web yang telah ada. Sistem ini memungkinkan siswa memberikan penilaian dan ulasan langsung terhadap layanan bimbel serta menjadi sarana umpan balik yang objektif. Dengan adanya integrasi ini, pengelola bimbel dapat memantau kepuasan pelanggan serta melakukan evaluasi dan peningkatan layanan bimbel. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode CSI yang dikombinasikan dengan sistem informasi mampu mendorong kualitas layanan pendidikan non-formal kearah yang lebih adaptif dan responsif.   Kata Kunci - Customer Satisfaction Index, Bimbingan Belajar, Review dan Rating, Sistem Informasi, Kepuasan Pelanggan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

technoc

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Topik dari jurnal Techno.Com adalah sebagai berikut (namun tidak terbatas pada topik berikut) : Digital Signal Processing, Human Computer Interaction, IT Governance, Networking Technology, Optical Communication Technology, New Media Technology, Information Search Engine, Multimedia, Computer Vision, ...