Arus Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 5 No 2: Agustus (2025)

Systematic Literature Review: Pengaruh Reputasi Underwriter terhadap Underpricing Saham Syariah di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2024

Fikri, Idzul (Unknown)
Jajuli, M. Sulaeman (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh reputasi underwriter terhadap kinerja saham syariah, dengan fokus utama pada fenomena underpricing serta mengatasi asimetri informasi antara emiten dan investor. Dengan memilih underwriter bereputasi tinggi, emiten dapat meningkatkan transparansi dan kredibilitas dalam proses Initial Public Offering (IPO). Studi ini juga memberikan wawasan bagi investor dalam menilai potensi serta risiko investasi saham perdana. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan menganalisis 14 jurnal relevan yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2024. Data diperoleh dari Google Scholar menggunakan kata kunci "pengaruh reputasi underwriter saham IPO". Hasil studi menunjukkan bahwa pendekatan kuantitatif adalah yang paling dominan karena mampu memberikan analisis yang objektif dan sistematis. Tinjauan ini juga menemukan ketidakkonsistenan hasil dari penelitian sebelumnya terkait pengaruh signifikan reputasi underwriter terhadap underpricing saham syariah. Selain itu, investor memerlukan informasi yang lebih efektif untuk menilai perusahaan IPO dan meminimalkan risiko investasi akibat asimetri informasi. Kesimpulan utama menunjukkan bahwa perusahaan dengan underwriter bereputasi tinggi cenderung memiliki tingkat underpricing yang lebih rendah, mencerminkan stabilitas harga saham pasca IPO.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi pembangunan, ...