Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan
Vol. 1 No. 4 (2025): Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan

Tantangan Penerapan Model PjBL dalam Pembelajaran Sosiolo-gi Pada Materi Interaksi Sosial di SMA Pertiwi 1 Padang

Lidia Maya Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tantangan dan peluang dalam penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran sosiologi, khususnya materi interaksi sosial di SMA Pertiwi 1 Padang. menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan memanfaatkan tiga metode utama, yaitu observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik wawancara dilakukan terhadap guru mata pelajaran sosiologi di SMA Pertiwi 1 Padang dengan tujuan menggali informasi mengenai tantangan dalam proses pembelajaran serta respons siswa terhadap penerapan model Project Based Learning (PjBL). Observasi dilaksanakan secara langsung di lingkungan kelas untuk mengamati suasana pembelajaran, pemanfaatan media ajar, serta dinamika interaksi antar siswa. Adapun studi kepustakaan digunakan sebagai dasar teoretis untuk memperkuat temuan lapangan, dengan merujuk pada berbagai sumber ilmiah dan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan topik kajian. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa rendahnya literasi siswa, kurangnya pemahaman terhadap metodologi penelitian sosial, serta kendala dalam pemanfaatan teknologi menjadi hambatan utama. Penelitian ini juga menawarkan rancangan inovatif berupa modul ajar berbasis project based learning yang mengintegrasikan media digital untuk meningkatkan partisipasi aktif dan keterampilan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

crt

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The publication of Charta Educa: Jurnal Kajian Pendidikan aims to facilitate interaction, discussion, and updating of ideas from academics related to the discussion of the structure and dynamics of educational institutions, Curriculum Development, Learning Models, Classroom Action Research, School ...