Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pada Mini Market Zulfa Mart Monta Baru di Kabupaten Dompu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan kausalitas. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, serta uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel produk, harga, dan tempat berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan promosi tidak memiliki pengaruh signifikan. Secara simultan, keempat variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi manajemen ritel dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, khususnya pada sektor usaha kecil dan menengah.
Copyrights © 2025