Wacadesain
Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Wacadesain

DESAIN PERMAINAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH

Nurjanah, Nunung (Unknown)
Rahmayanti, Siti Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Jumlah gangguan emosi di Indonesia mencapai 259 dari 1000 anak pra sekolah. Gangguan emosi akan berdampak buruk pada perkembangan sosial dan emosional. Gangguan emosi dapat diintervensi dengan bermain kooperatif. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan permainan kooperatif untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada anak pra sekolah. Ini adalah penelitian percontohan kuasi eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah anak pra sekolah (3-5 tahun). Jumlah sampel 30 anak pra sekolah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemeriksaan kecerdasan emosional, dengan menggunakan Kuesioner Kecerdasan Emosi yang dikembangkan oleh lembaga PAUD. Analisis data menggunakan uji t berpasangan untuk membandingkan kecerdasan emosional anak sebelum dan sesudah intervensi. Hasil uji statistik menunjukkan nilai p 0,001, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh bermain dengan desain permainan yang bersifat kooperatif terhadap kecerdasan emosional anak pra sekolah. Saran bagi perawat anak agar dapat bekerjasama dengan lembaga prasekolah untuk mendeteksi dan menstimulasi kecerdasan emosional anak prasekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wacadesain

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal Wacadesain Jurnal Wacadesain merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Seni dan Desain Komunikasi Visual. Dengan artikel yang belum dipublikasikan secara online atau versi cetak. Jurnal wacadesain memiliki versi online dan cetak dengan jadwal publikasi pada bulan Mei dan November ...