Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 4 (2025): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI TINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

Amelia s, Rika (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masasalah matematis berdasarkan Adversity Quotient tipe Quitters, Campers dan Climbers. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA PAB 4 Sampali yang terdiri dari 28 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah, angket Adversity Quotient dan tes wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tipe Quitters memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lemah (21,43%), siswa tipe Campers memiliki kemampuan pemecahan masalah yang terbilang cukup atau sedang (53,57%) dan Siswa tipe Climbers memiliki kemampuan pemecahan masalah yang cenderung tinggi (25,00%). Dari hasil data yang diperoleh, mayoritas siswa SMA PAB 4 Sampali memiliki Adversity Quotient tipe campers yang artinya memiliki kecerdasan menghadapi kesulitan yang baik sehingga memiliki kemampuan pemecahan masalah yang cukup baik pula. ABSTRACT This study aims to describe mathematical problem-solving abilities based on the Adversity Quotient types of Quitters, Campers, and Climbers. This study uses a qualitative method. The research subjects were 28 tenth-grade students at PAB 4 Sampali High School. The instruments used were a problem-solving ability test, an Adversity Quotient questionnaire, and an interview test. The results showed that Quitters-type students had weak problem-solving skills (21.43%), Campers-type students had fairly good or moderate problem-solving skills (53.57%), and Climbers-type students had relatively high problem-solving skills (25.00%). From the data obtained, the majority of students at PAB 4 Sampali High School had a Camper-type Adversity Quotient, which means they had good intelligence in facing difficulties and therefore had fairly good problem-solving skills.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...